Recent Articles

Pagi Ini Merapi Meletus Lagi


Gunung Merapi kembali mengeluarkan semburan awan panas yang dahsyat, Senin (1/11/2010) sekitar pukul 10.00 WIB. Volume awan panas yang dikeluarkan kali ini terlihat sangat besar dibandingkan dengan  letusan-letusan sebelumnya.
Sejak menunjukkan peningkatan aktivitasnya, Merapi telah beberapa kali meletus dalam beberapa hari terakhir. Letusan dahsyat pertama kali terjadi Selasa (26/10/2010) petang. Letusan dahsyat kedua terjadi Sabtu (30/10/2010) dini hari dan pagi ini adalah letusan eksplosif ketiga.

Di antara letusan-letusan eksplosif tersebut, Merapi juga beberapa kali mengelurkan awan panas atau biasa disebut masyarakat setempat dengan wedhus gembel.

gumpalan abu vulkanik masih tampak menyelimuti Merapi cukup lama dan masih terlihat tebal hingga 30 menit setelah letusan. Letusan ini terlihat jelas dari Kota Yogyakarta dan menjadi perhatian warga yang berduyun-duyun keluar untuk menonton.

Kepala Badan Geologi Sukhyar di Yogyakarta, seperti dilansir Antara, mengatakan, kondisi angin saat letusan Merapi tersebut berlangsung sedang mengarah ke timur sehingga daerah yang dimungkinkan terkena paparan abu vulkanik yaitu Klaten dan Boyolali. Sukhyar juga mengatakan bahwa material hasil letusan Gunung Merapi berupa kerikil dan debu tersebut bukan awan panas.

Awan panas sendiri yang terlihat mengawali letusan menuruni lereng dengan jarak sekitar 4 kilometer ke arah Kali Gendol. Setelah awan panas inilah terlihat letusan eksplosif setinggi sekitar 1,5 kilometer.

0 comments for "Pagi Ini Merapi Meletus Lagi"

Leave a Reply

Newer Post Older Post